Feature – Feature pada HTML 5


HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997 ) dan hingga saat ini masih dalam tahap pengenbangan.Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
Pengembangan pada HTML 5 meliputi fitur - fitur yang telah di perbaharui dan diganti dengan yang lebih baik seperti :
  • ·       Canvas

Pada HTML 5 ini akan memberikan satu opsi tambahan: canvas. Seperti namanya, canvas adalah media yang bisa dicorat-coret langsung. Tidak lagi perlu memuat plugin khusus. Cukup tambahkan <canvas> dan javascript maka kita sudah bisa menggambar langsung di halaman web.
  • ·       Video dan Audio

Pada HTML5  ada tag <audio> dan <video> di HTML 5. Jadi tidak perlu lagi menempelkan flash untuk sekedar memutar audio. Format video yang didukung akan bervariasi terhadap browser.
  • ·       Local Storage

     storage untuk browser akan diakomodasi sebagai standard dalam HTML 5. Aplikasi bisa menyimpan data dalam jumlah lebih besar dari biasanya tanpa harus mengimplementasikan trik dengan cookie atau Flash
  • ·       Web Workers

P   ada web workers javascript bisa dipakai untuk melakukan beberapa proses sekaligus tanpa harus menghambat proses terkait UI dengan mengunakan fitur threading pada salah satu fitur web working. Jadi web kita tidak akan lambat lagi.
  • ·       Semantics

Akan ada tag khusus untuk navigasi, section, footer, dll. Tag yang kaya semantic seperti ini pasti akan lebih bermanfaat dari pada tag yang hanya punya informasi format dan layout saja. Dan bagi mesin, HTML5 akan jadi lebih bisa dimengerti.

Dengan fitur – fitur tersebut kita bisa membuat web yang bagus dengan lebih mudah,simple dan tidak memakai banyak waktu.

0 komentar:

Posting Komentar