Social Network

 Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Konsep
Twitter  terinspirasi dari situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.
Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.

Teknologi
Para design Twitter sendiri memakai teknologi  java script ,di mana aplikasi  tersebut di tekankan khusu pada kemudahan pengembangannya dan kinerja pada suatu situs web,beberapa yang teknologi yang ada pada twitter :
API KLIEN : karena twiiter.com sekarang menjadi  salah satu klien API di mana data di ambil dari endpoint yang sama yaitu sebuah situs mobile dari sebuah aplikasi untuk ipad,iphone,Android, dan setiap penggunaan aplikasi pihak ketiga,dengan demikian sumber daya banyak di alokasikan kepada tim API untuk menghasilkan lebih dari 40 patch
JAVASCRIPT API : untuk mengakses RETS API pada twitter,twiiter sendiri membangun perpustakaan JavaScript  di mana di gunakan untuk menyediakan titik awal yang baik untuk pengembangan situs tersebut,API JavaScript  menyediakan dan mengambil caching dengan baik,baik di memori maupun dengan menggunakan local storage, yang memungkinkan kita untuk meminimalkan jumlah permintaan jaringan saat mengunakan twitter .
Halaman Manajemen : di gunakan untuk membuat navigasi  halaman web lebih mudah dan lebih cepat untuk di akses dengan mempertahankan hubungan antara URL dan isinya.
INLINE MEDIA : salah satu fitur yang penting untuk menanamkan konten pihak ketiga secara langsung pada situs web,seperti twitpic,youtube,dll
OPEN SOURCE : twitter juga memakai teknologi open source  dengan mengunakan jQuery, LABJs,Modernizs dan banyak lainya open source script dan plugin untuk memberikan source.

Kelebihan dan Kekuranganya
Kelebihan Twitter :
1. Alat komunikasi yang cepat tanggap karena konsepnya seperti SMS
2. Pada twitter jika ingin menambah teman tiggal klik “follow” dan tidak harus menunggu konfirmasi seperti pada jejaring sosial yang lain
3. Banyak selebriti/artis yang menggunakan twitter sehingga bisa menarik fans lebih banyak lewat jejaring sosial ini.
4. Dapat mengubah gambar background twitter kita, sehingga bisa lebih menarik dan tidak monoton.
5. Menjangkau lebih luas tidak hanya antar teman saja
Kekurangan Twitter :
1. Pembatasan dalam penulisan kicauan yang hanya 140 karakter, karena disesuaikan dengan konsepnya yaitu seperti SMS.
2. Tidak bisa chatting dengan teman.
3. Foto untuk profil kecil ,dan tidak bisa membuat album foto seperti pada facebook.
4. informasi yang didapat dari seorang following lebih mudah di dapat dari pada lewat jejaring social yang lain
5. tampilan webnya lebih ringan untuk di akses di bandingankan dengan facebook

Keamanan
Tingkat keamanan pada twitter itu sendiri masih rendah karena mudahnya informsi yang di dapat tanpa harus seorang menginjinkannya untuk melihatnya,misalnya seorang public figure yang memiliki banyak fans biasanya mereka sering memberikan informasi seperti activitas yang sedang dia lakukan berupa status yang kita sebut dengan tweet atau kicauan,dari tweet tersebut bisa di baca oleh seorang folowernya dan following mereka,dari twett tersebut mereka bisa tau apa yang di lakukan oleh orang tersebut,dan dari situ sering memicu terjadinya kejahatan seperti perampokan atau pencurian dll. Walaupun dalam sisi pembobolan suatu akun atau terjadinya pemblokiran pada suatu akun  lebih jarang di bandingankan oleh facebook namun tingkat keamanan social network tersebut di bandingkan facebook lebih rentang.

Pemanfatan dan Pengamanan Masa Depan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission  mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah dan untuk itu Twitter menggunakan Whisper System sebagai lini keamanan pada twitter. Whisper System ini sendiri merupakan sebuah layanan twitter dari pihak ketiga yang memberikan pelayanan di bidang keamanan pengguna dan privasi. Dengan adanya Whisper System ini diharapkan tidak ada lagi kecemasan dari para pengguna twitter akan adanya “hack” account dan sebagainya.di jaman teknologi seoerti sekarang ini, seperti sekarang ini, pemanfaatan dan pengembangan  sebuah jejaring sosial ataupun hal yang lainnya pasti akan berkembang secara pesat.
 Khusus untuk jejaring sosial Twitter ini, sungguh banyak pemanfaatannya, antara lain jika ingin menyebarkan sebuah informasi kepada teman ataupun khalayak banyak kita tinggal “tweet” saja informasi yang ingin kita bagikan lewat twitter. Selain untuk memberikan informasi, twitter juga bisa digunakan sebagai media promosi suatu produk barang atau jasa secara online, sehingga para wiraswasta tidak perlu susah-sah lagi mempromosikan produknya face-to-face dengan orang lain, tetapi tinggal mempromosikannya lewat media jejaring sosial ini.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks u..:)

Posting Komentar