2Dimensi to 3Dimensi


Pernah menonton film? Anda pasti sering sekali menonton film 2 Dimensi,bagaimana dengan film 3 dimensi ? lebih bagus mana film 2Dimensi atau 3Dimensi ?apakah semua genre film 2Dimensi bisa di ubah ke 3Dimensi ? dan film 3D yang baik itu seperti apa? Pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang film 2Dimensi dan 3Dimensi.
Pada dasarnya film bisa di katakana baik atau berkualitas itu tergantung pada plot ceritanya,adegannya ,sutradara,dan efek – efek yang di berikan pada film itu seperti suara,cahaya dll
Apa itu film 2D ? film 2D adalah Film bersumber dari sebuah media digital. Untuk memutarnya dibutukan peralatan proyektor khusus. Film kualitas 2D mempunyai kelebihan yaitu gambar lebih halus suara lebih jernih dan nyaris tanpa kedip. Bagian yang disensorpun akan terlihat lebih halus bahkan nyaris tanpa terasa jumpingnya. Hanya film kualitas 2D hasil proyeksinya tidak sebesar film kualitas biasa, artinya layarnya akan lebih kecil, karena semakin besar layar akan mengurangi kualitas filmya. Kekuranganyanya Tidak semua bioskop dapat memutar film kualitas 2D, hanya pada bioskop tertentu saja. 
Apa bedanya dengan film 3D? Film kualitas 3D artinya memberikan efek tiga dimensi (lebih nyata) hanya untuk menontonnya  dibutuhkan kacamata khusus. Prinsipnya adalah sebuah film format 3D terdiri dari 2 gambar yang sama yang berjalan simultan tapi disatukan dalam satu layar dengan jarak tertentu antara gambar 1 dengan gambar 2. Kalau dilihat tanpa kacamata 3D maka terlihat blur (buram) dan bikin sakit mata. Ada beberapa jenis kacamata 3D. yang paling umum adalah kacamata Red/Cyan (red/kiri, cyan/kanan) dan ini hampir dapat digunakan untuk menonton semua format film 3D. kekuranganya  Biasanya film format 3D tidak disertai dengan subtitle (terjemahan) karena akan mengurangi kualitas film sebesar 10%,harga film 3D masih relatife mahal dan Tidak semua bioskop dapat memutar film format 3D.
Sistem Penayangan Sinema Digital Untuk Film 3D
Penayangan film 3D di bioskop digital memerlukan dua proyektor interlocking atau satu proyektor dengan dua lensa. Merek-merek proyektor terkenal yang biasa digunakan untuk sinema digital adalah Christie, Barco, Sony, dan Kinoton. Selain itu diperlukan alat untuk mengatur agar proyektor optik bisa memutar film 3D. Ada beberapa merek terkenal yang membuat peralatan ini seperti RealD, Dolby 3D, dan IMAX 3D.
Real D merupakan sistem 3D bioskop yang paling banyak digunakan pada saat ini karena efek tiga dimensi yang dihasilkan tetap stabil walaupun penonton melihat dalam posisi kepala mendongak atau menunduk. Ini disebabkan karena teknologi circular polarization yang ada di lensa kaca mata dan sebuah perangkat untuk mengatur pencahayaan yang dipasang di proyektor optik. Selain itu dari faktor ekonomis, harga kaca mata circular polarization lebih murah daripada kaca mata berteknologi lain seperti LCD.
Dolby 3D memakai teknologi colorwheel yang memiliki sejumlah filter berwarna yang berfungsi mentransmisikan gambar dengan berbagai level gelombang cahaya untuk menampilkan efek gambar 3D. Metode ini disebut wavelength multiplex visualization. Kaca mata untuk sistem Dolby 3D lebih mahal dari buatan RealD dan rapuh. Namun kelebihan Dolby 3D dibanding kompetitor seperti RealD adalah bisa berfungsi di proyektor konvensional.
IMAX 3D adalah perusahaan di bidang teknologi bioskop yang awalnya berkecimpung dalam pengambilan gambar dan penayangan film dengan format film resolusi lebih tinggi dari 35mm, yaitu 65mm film negatif dengan kamera IMAX dan 70mm proyektor IMAX untuk penayangan. Karena resolusi yang dihasilkan sistem ini besar maka ukuran layar bioskop IMAX berukuran sangat besar dibandingkan di bioskop konvensional. IMAX sudah terlibat dalam penanganan 3D sejak zaman analog dengan membuat proyektor untuk copy film 70mm dengan dua lensa yang berjarak 64mm (jarak rata-rata antara kedua mata manusia). Ketika IMAX mulai menggunakan teknologi digital di tahun 2008, mereka mendapatkan bahwa resolusi yang dihasilkan oleh dua proyektor 2K tidak bisa menyamai kualitas print 70mm analog. Mereka menemukan bahwa kualitas gambar dari dua proyektor 2K tetap lebih rendah dari satu proyektor 4K. Semenjak 2012, IMAX bekerja sama dengan Barco menghasilkan dua buah proyektor 4K dan laporan hasilnya cukup bagus.
Pada jaman sekarang semua film 2dimensi bergenre apa saja bisa dengan mudah di konversi ke film 3 dimensi dengan menggunakan sebuah software,dan dari hasil konversi itu sendiri baik gambarnya efek 3Dnya tergantung pada film itu sendiri dan software yang di gunakan.pada intinya film 3D yang baik adalah :
·        kualitas gambar terhadap perubahan kecepatan adegan dan ukuran.
·        Hasil konversi film dari 2D ke 3D menghasilkan gambar 3D dengan tampilan yang lebih
menonjol dan realistis.
·        Efek - efek 3D yang di tampilkan megagumkan dan tidak mengecewakan
Masa Depan Film 3D Untuk perfilman Hollywood bisa dipastikan dalam waktu beberapa tahun ke depan masih akan banyak film-film blockbuster yang dibuatkan versi 3D untuk mendampingi format 2D. Perfilman negara-negara lain juga akan mencoba untuk membuat beberapa produksi film tiga dimensi. Namun, berlebihan apabila dikatakan bahwa dalam waktu dekat film 3D akan menggantikan film 2D yang selama ini menjadi tontonan konvensional di bioskop. Kesimpulan ini didasarkan pada catatan sejarah bahwa tren film 3D selama ini naik dan turun dan terbukti bahwa teknologi 3D tidak menjamin suksesnya sebuah film di pasaran. Di tahun 2011 terdapat laporan data bahwa ada kecenderungan penurunan minat penonton terhadap film-film 3D.
Di Indonesia sendiri telah muncul sebuah film animasi dengan format 3D tahun ini berjudul Jendral Kancil the Movie dan Petualangan Singa Pemberani. Film terakhir ini juga merupakan bagian dari
promosi es krim Wall’s Paddle Pop. Tren film 3D Indonesia ke depan sepertinya tidak jelas dengan kondisi perfilman nasional yang masih terjebak dengan masalah-masalah klasik seperti sistem tata edar yang dianggap tidak berpihak ke perfilman nasional, apresiasi penonton yang kurang, risiko
tinggi secara finansial yang harus ditanggung  produser, pola kerja industri yang serba instan, dan sebagainya.

Sumber :
www.tarqy.com/tarqy-perbedaan-film-kualitas-biasa-2d-3d-dan-imax
www.filmindonesia.or.id/article/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-3d






0 komentar:

Posting Komentar