Inilah Dampak yang terjadi pada kebudayan akibat Pengaruh Kemajuan Teknologi !



            Teknologi  adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. sedangkan kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
hubungan teknologi terhadap kebudayaan itu saling mempengaruhi,karena budaya adalah nilai – nilai leluhur yang di wariskan pada suatu bangsa.
Dan Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.
Dipandang dari adatnya yang ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun seperti Sopan Santun, saling Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia
. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya.
Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Tapi derasnya arus informasi dan telekomunikasi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya. Perkembangan 3T (Transportasi, Telekomunikasi, dan Teknologi) mengkibatkan berkurangnya keinginan untuk melestarikan budaya negeri sendiri misalnya :
  • ·        Budaya Indonesia yang dulunya ramah-tamah, gotong royong dan sopan telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibatnya kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan
  • ·        Maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja,seperti  banyaknya remaja yang melakukan seks di luar nikah,
  • ·        Bergantinya kebiasaan remaja,contohnya remaja di jaman sekarang ini lebih suka berdiam diri di depan computer  untuk mermain game atau lebih suka berdiam berjam – jam hanya untuk sekedar sharing di social media di bandingkan untuk memainkan permainan tradisional.
  • ·        Penggunaan dialek bahasa Indonesia yang tidak benar seperti bahasa di kalangan remaja ,seperti serius menjadi ciyus,beneran menjadi enelan dsb bahkan remaja terkadang sering mencapur aduk bahasa mereka misalnya bahas ok,

Tapi dari semua dampak negative yang terjadi pada kebudayaan dampak positif yang di timbulkan juga cukup besar seperti :
  • ·        Kemajuan teknologi yang bersifat netral ( neutral technological progress) kemajuan yang terjadi karena tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan yang sama.
  • ·        Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja ( labor-saving technological progress) Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh    meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  • ·        Kemajuan teknologi yang hemat modal ( capital-saving technological progress)Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.
Jadi apapun pengaruh dari berkembangnya kemajuan ilmu teknologi selalu ada dampak positif dan negatifnya yang timbulkan.


Sumber :
Wikipedia keyword : budaya dan teknologi




0 komentar:

Posting Komentar