Menurut Wikipedia,
Komputer Grafis adalah cabang dari Ilmu Komputer dan berkaitan dengan manipulasi
visual content dan proses sistesisnya secara digital. Walaupun istilah ini
sering mengacu kepada komputer grafik 3 dimensi, tetapi sebenarnya juga
mencakup grafik 2 dimensi dan pengolahan citra.
Saat ini, kita dapat
melihat penggunaan komputer grafis di berbagai bidang dan disiplin ilmu seperti
sains, keteknikan, seni, bisnis, industri, kesehatan, pemerintahan, hiburan,
periklanan, pendidikan, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang menggunakan
komputer grafis :
- Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu
berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain,
khusunya untuk sistem
arsitektural dan engineering.
CAD banyak digunakan
dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik,
peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh
aplikasinya: AutoCAD.
- Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD
tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering.
CASE digunakan dalam
memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam
proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya.
- Virtual Reality
Virtual Reality adalah
lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
berinteraksi dengan
objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
Perangkat
keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan
memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan
oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung.
- Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah
teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan.
Visualisasi
telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide
abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Contoh:
visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil
data mining.
- Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang
dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa
digunakan sebagai alat
bantu pendidikan.
Model-model seperti
proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya
dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi
dalam suatu sistem.
Contoh:
simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran
- Computer Art
Computer art adalah
penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa
kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior,
dan lain sebagainya.
Contoh:
Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
- Hiburan
Komputer grafis juga
digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya
pertelevisian, motion
pictures, animasi, video clips, dan sebagainya.
Contohnya
: Film-film animasi yang berdar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc.,
anime-anime Jepang, menggunakan komputer grafis.
- Video Game
Video game adalah
permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video.
Aplikasi banyak beredar di
pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3
dimensi, danmemerlukan resource banyak, seperti game sepak bola Winning Eleven.
Contoh : sepertiyang dari online : Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobiledevices.
- Pengolahan Citra
Pengolahan citra
berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra,
meningkatkan kualitas
citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam
suatu citra.
Contoh:
perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.
- Computer Vision
Compute Vision adalah
ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat
melihat.
Sebagai disiplin ilmu,
computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat
menarik informasi dari citra-citra.
- Graphical User Interface
Graphical User Inteface
adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia
dengan komputer dan
alat-alat yang dikendalikan oleh komputer.
sumber :
Program Magister Informatika - Sistem Informasi Sekolah Pascasarja Institut Teknologi Bandung 2008
wikipedia dan google image
sumber :
Program Magister Informatika - Sistem Informasi Sekolah Pascasarja Institut Teknologi Bandung 2008
wikipedia dan google image
1 komentar:
Cukup bagus artikelnya, bisa dijadikan referensi tambahan untuk khazanah pengetahuan ane..!!
thanks Gan,,!!
don't forget to visit me on :
http://www.kreativitasforall.blogspot.com/
Posting Komentar